Liburan, Mengapa Harus Jogja ?

Jogja, banyak kalangan yang merasa senang ketika mendengar kata ini. yups, tiada bukan tiada lain bahwa sebuah kata dari jogja akan langsung menyetrum atom ekspresi kebahagiaan raut wajah seseorang yang mendengar kata ini. kalau ditanya kok bisa ya? jelas jawabannya karena jogja penuh dengan tempat wisata yang selalu memukau pengunjungjnya dengan keistimewaan wisatanya yang kental dengan pesona indah, kebudayaannya dan lain-lain. ya, kalau bisa dikatakan sekali ke jogja pasti pingin balik lagi ke jogja.

Menurut Wikipedia.org jogja atau jogjakarta merupakan sebutan dari D.I.Y atau dikenal juga Daerah Istimewa Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di indonesia. Pada awalnya yogyakarta merupakan Pemerintahan Negara Kesultanan Jogjakarta dan Kadipaten Pakualam kemudian dua negara kesultanan ini bermetamorfosis menjadi Pemerintahan Daerah Istimewa Jogjakarta. kata ” Istimewa ” ada pada D.I.Y karena menurut Undang-undang No.3 yang dikeluarkan oleh pemerintah Negara Republik Indonesia pada tahun 1950 dimana keistimewaan terletak pada kepala daerah yang diangkat oleh presiden berasal dari keturunan keluarga yang berkuasa didaerah tersebut, peraturan ini tertuang didalam undang-undang no.22 tahun 1948 sehingga surat undang-undang no.3 yang dikeluarkan pada tahun 1950 di negara bagian yang berpusat di yogyakarta berpedoman undang-undang tersebut. selain hal diatas pada saat ini terdapat beberapa tambahan keistimewaan D.I.Y yang tertuang pada UU No.13 tahun 2012 salah satunya tatacara Pengisian jabatan,Kedudukan,wewenang gubernur dan wakil harus berasal dari seseorang yang memilki takhta sebagai sultan hamengku buwono ( untuk gubernur) dan Takhta adipati paku alam ( wakil gubernur ).

Nah bagaimana, dari ringkasan diatas aja kota jogja sudah banyak memilki keistimewaan, pastinya untuk pesona wisata kota jogja sudah tentu istimewa dan memikat hati pengunjung yang telah merencanakan jadwal liburan, oke, akan di ulas beberapa keistimewaan tempat wisata jogja.

Tempat Wisata Candi
1. Candi Prambanan

sumber : wikipedia.org

sumber : wikipedia.org

Merupakan destinasi wisata pertama yang harus anda kunjungi dari segi wisata candi, candi ini dibangun pada abad ke 9 masehi dan salah satu candi hindu terbesar yang dibangun di indonesia. candi yang terletak diperbatasan antara provinsi D.I.Y dan Provinsi Jawa Tengah tepatnya didaerah Bokoharjo, sleman merupakan salah satu situs warisan dunia ( UNESCO ) dan salah satu candi hindu yeng termegah di asia tenggara.

2. Candi Ijo

Pemandangan Candi Ijo

Pemandangan Candi Ijo

Jika berkunjung ke jogjakarta berwisata sejarah terutama wisata candi mungkin anda sering mendengar candi borobudur, candi prambanan tetapi di jogja masih banyak lagi situs candi yang memiliki potensi wisata belum terekspos salah satunya candi ijo. candi yang terletak di ketinggian 375 m dpl ini merupakan candi yang paling tinggi letak lokasinya. dari lokasi ini pasti sudah terbayangkan bagaimana pesona pemandangan nan indah kota jogja yang dapat terlihat dari posisi candi ijo ini, nama dari candi ini diambil dari letak lokasinya yang berada sebuah bukit terkenal yang bernama bukit ijo/bukit hijau dan dibangun pada abad 9 masehi, untuk akses ke situs candi ijo ini akses termudah yaitu melalui kotasolo ke arah pasar prambanan karena candi ijo menurut administrasinya terletak didusun Groyokan, Ds. sambirejo kec. Prambanan sleman. salah satu hal yang menarik dari candi ini anda juga dapat melihat pemandangan pesawat terbang yang sedang landing di Bandara Adisucipto

3. Candi Ratu Boko

Gerbang Candi Ratu Boko

Gerbang Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko merupakan tempat wisata candi terbaik untuk dikunjungi selain wisata sejarah candi ini juga menyajikan keindahan pemandangan sunset disore hari, dilihat dari bentuknya candi boko merupakan bekas kompleks istana karena candi ini terlihat memiliki beberapa bangunan. candi ini berjarak 3 kilo meter sebelah selatan dari komplek candi prambanan jadi setelah mengunjungi candi prambanan anda bisa berkunjung ke candi Ratu Boko ini.

4. Candi-Candi Lain

masih banyak candi-candi yang memiliki pesona wisata di jogja yang mungkin dapat dikunjungi antara lain Candi Gampingan, Abang, Sambisari, Kedulan, Klodangan, Morangan, Gebang, Keplak, Miri, Situs Mangir, Situs payak, Situs Arca Bugisan

Tempat Wisata Pantai

Setelah berkunjung ke wisata candi jangan lupa berkunjung ke wisata pantai di jogja. Mungkin selama ini kalau merencanakan liburan wisata pantai pasti kita hanya memikirkan Pulau Bali, tetapi jangan salah bahwa wisata pantai di jogja juga sangat mempesona loh, tidak kalah indah dengan pantai yang ada dibali.
1.Pantai PandanSimo

Pantai Pandansimo

Pantai yang terletak didesa ponco sari, Kecamatan Serandakan 20 Km arah barat daya dari kota bantul. pantai ini memiliki ciri khusus yang menjadi andalan untuk menarik pengunjung yaitu adanya kincir angin untuk sumber energi kota bantul.

2.Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai yang satu ini merupakan salah satu wisata pantai terkenal di jogja, keistimewaan dari pantai parangtritis terletak di pesona cantiknya pantai yang menyajikan pemandangan indah ombak besar, dan gunung-gunung pasir di sekitaran pantai parangtritis, apabila berwisata ke pantai ini tidak perlu khawatir mengenai tempat penginapan karena pantai yang dikelola oleh pemkab bantul ini memilki banyak tempat penginapan. pantai Parangtritis berada dilokasi kecamatan kretek bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3.Pantai Parang Kusumo
Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai lain di jogja, karena pantai ini terkenal dengan legendanya atau mitos bahwa pantai ini berhubungan dengan legenda penguasa laut kidul. Pada saat acara ritual labuan dan melasti di pantai ini merupakan waktu yang sangat bagus untuk mengunjungi pantai ParangKusumo ini, di kalangan masyarakat setempat pantai ini merupakan tempat sakral karena dipantai ini Ratu kidul membantu kekuasaan Raja mataram.Pantai ini berlokasi di mergangsan, parangtritis kecamatan kretek, Untuk lebih jelasnya di map google

4.Pantai Ngobaran
Pantai yang beralamat di Desa kanigoro kecamatan saptosari Kabupaten Gn.Kidul, D.I.Y, keindahan pantai ini dapat dinikmati ketika kondisi air laut sedang surut akan terlihat terbentuk kolam-kolam kecil dari karang dan keindahan alga menutupi karang-karang di kolam tersebut. dan banyak ikan-ikan ( biota laut ) di dalam kolam tersebut.

5.Pantai PandanSari
Pantai yang memiliki mercusuar tinggi dan dapat dinaiki melalui anak tangga salah satu daya pikat pengunjung yang disajikan oleh pantai pandansari. pantai ini juga mempertunjukkan pesona indah dari pohon-pohon cemara laut tumbuh lebat. Selain pesona mercusuar dan pohon-pohon cemara laut di kawasan pantai ini juga menghadirkan pesona kebun buah naga merah yang dapat dipetik langsung. pantai pandan sari berada di sanden, gadingsari, Bantul D.I.Y

Baca juga : Wahana Canggih Ditaman pintar

Tempat Wisata Goa
Di jogja selain wisata pantai ada juga wisata Gua yang sangat layak untuk dikunjungi, wisata gua merupakan wisata untuk menikmati keindahan dalam lorong-lorong yang terbentuk sendiri maupun buatan. wisata gua ini memiliki keistemewaan tersendiri dibanding wisata pantai, wisata candi dan wisata lainnya.

1.Gua Cerme
Gua yang berlokasi di Dusun Srunggo, Imogiri bantul merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di jogja, gua ini memilki kedalaman lorong sepanjang 1.5 Km yang dapat menembus wilayah desa ploso kabupaten gunung kidul. gua ini memiliki daya pesona sungai bawah tanah dan pesona stalagtit dan stalagmit.

2.Gua Pindul

Goa Pindul

Gua yang memiliki panjang kedalaman 300 m serta dibawah gua mengalir sungai bawah tanah nan indah, berada di dusun gelaran desa beliharjo karangmojo kabupaten Gn. Kidul. untuk mendapati lokasi ini cukup menyediakan ban besar sebagai pelampung.

Tempat Wisata Belanja
1.Malioboro
2.XT-Square
3.Pasar Beringharjo
4.Kasongan
5.Pasar Klitikan
6.Pasar Tanaman Hias dan Satwa Pasti
7.Pasar Seni Gabusan

Tempat Wisata Alam
1.Kaliurang
2.Kaliadem
3.Wanagama
4.Puncak Suroloyo
5.Lereng Merapi
6.Gunung Nglanggeran
7.Waduk Sermo

Tempat Wisata Lain
1.Taman Pintar Yogyakarta
2.Museum Sonobudoyo
3.Kebun Binatang Gembira Loka
4.Istana Air Taman Sari
5.Museum keraton Yogyakarta
6.monumen Jogja Kemabali
6.Pemakaman Imogiri

Nah, Jogja tempat menarik bukan. kalau bicara wisata di jogja pasti tidak ada habisnya. mungkin bagi anda yang sudah membuat cuti untuk berlibur baik secara perorangan, grup maupun dengan keluarga jogja merupakan destinasi wisata pertama yang harus di jadwalkan untuk dikunjungi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *