Asyiknya Malioboro di Malam Hari dengan Car Free Night

Kabar rencana pemberlakuan Car Free Night atau bebas kendaraan pada malam hari di Malioboro Yogyakarta mendapat respon positif dari warga kota wisata tersebut. Langkah ini bukan saja akan menghidupkan Malioboro namun juga membangkitkan kembali Yogyakarta sebagai kota wisata dan kota kebudayaan andalan di Indonesia.

Asyiknya Malioboro di Malam Hari

Penataan Malioboro yang dilakukan pemerintah kota saat ini membuat kawasan ini semakin hidup. Relokasi parkir yang memindahkan dari pinggir Jalan ke kawasan parkir Abu Bakar Ali telah mendorong banyak wisatawan datang ke kawasan ini. Apalagi dengan penambahan kursi di sepanjang bibir jalan membuat Malioboro seperti kawasan di Eropa yang mengasyikkan.

Lihat juga wahana canggih di Taman Pintar Jogja

Suasana Malioboro saat ini sudah berubah menjadi lebih nyaman, lebih rapi, dan lebih bersahabat. Setiap hari banyak orang yang memanfaatkan kenyamanan Malioboro dengan duduk atau sekedar berfoto selfie. Suasana ini memberikan kesempatan warga di sekitar Jogja untuk mengajak anak-anak atau keluarganya jalan-jalan ke Malioboro dengan kebih nyaman dan tenang.

Hidupkan Malioboro Malam dengan Atraksi Seni Budaya

Ide tentang kebijakan car free night kabarnya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Seperti dituturkan Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta bahwa pemberlakuan program bebas kendaraan di malam hari ini diharapkan dapat menjadikan wisata di Malioboro semakin menarik sehingga menambah jumlah wisatawan.

Nantinya ruas jalan Malioboro yang sudah tidak ada kendaraan itu akan diisi dengan beragam kegiatan seni budaya dan musik. “Nantinya akan banyak kita isi dengan berbagai atraksi kesenian dan kebudayaan,” ujarnya.

Baca juga wisata Goa Pindul

Sebelum kebijakan baru ini diberlakukan, pemerintah Pemprov DIY akan melakukan sosialisasi kepada warga. Pihaknya juga mengajak seluruh elemen warga yang memanfaatkan Malioboro untuk bisa menjaga Malioboro bersih dan nyaman.

Namun Aris belum bisa memastikan kapan car free night akan diberlakukan di Malioboro Yogyakarta karena pihaknya perlu berkoordinasi dengan kepolisian dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Kapan akan dimulainya masih menunggu keputusan. Kalau bisa sih pada malam Minggu, dari sore hingga tengah malam,” katanya tentang waktu penerapan car free night akan diberlakukan di Malioboro Yogyakarta.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *